Senin, 10 Maret 2014

Meriahnya Perayaan Hari Suci Saraswati Di Perguruan Raj Yamuna

Meriahnya Perayaan Hari Suci Saraswati
Di Perguruan Raj Yamuna
denpasar-


Saniscara Umanis Watugunung, Sabtu 08 maret 2014 umat Hindu merayakan hari suci Saraswati. Khususnya di sekolah-sekolah melakukan persembahyangan bersama demikian juga dengan Perguruan Raj Yamuna. Hari suci Saraswati memang begitu bermakna bagi umat Hindu, khususnya bagi pelajar, mahasiswa dan para guru. Sebab Saraswati merupakan ungkapan syukur terhadap anugrah ilmu pengetahuan dari Hyang Widhi dalam manifestasi beliau sebagai Dewi Saraswati yaitu sakti dari Dewa Brahma. Ilmu pengetahuan yang disimbolkan sebagai dewi yang cantik bertangan empat memegang wina, genitri, teratai dan keropak serta ada burung merak dan swan.
Kemeriahan dan khusyuknya Saraswati yang terjadi di selurh bali. Di Perguruan Raj Yamuna sebelum dilakukan perembahyangan bersama siswa/siswi menampilkan berbagai hiburan berupa tarian, seperti tari baris, tari gopala, tari rejang dan tarian yang lainnya. Untuk memeriahkan hari Saraswati kali ini perguruan menampilkan bondres yang membuat gelak tawa warga Perguruan Raj Yamuna.

Makna sesungguhnya hari Saraswati, seharusnya diketahui oleh para siswa agar mereka sadar dan cinta dengan ilmu pengetahuan sebab ilmu pengetahuan sama seperti halnya sungai Yamuna yang akan selalu mengalir dan memberikan kesuburan bagi alam semesta. Hal ini yang diharapkan mampu dipahami dengan perayaan Saraswati ini agar bisa memberikan kecerdasan/pengetahuan bagi umat manusia khususnya bagi siswa-siswi Raj Yamuna agar menjadi generasi yang memiliki kecerdasan untuk menjaga pembangunan bangsa Indonesia dan program pendidikan yang dicanangkan pemerintah sesuai dengan UUD 1945 alenia ke-4 yaitu ”mencerdaskan kehidupan bangsa”.
“Hari raya Saraswati ini bukan hanya kita peringati saja tetapi juga harus dipahami oleh siswa/siswi agar segala ilmu pengetahuan yang didapatkan mampu dijadikan sejata untuk meraih prestasi yang lebih baik dan menghapus kebodoahan yang ada dalam diri. Apalagi berapa anak Yamuna juga sedang menghadapi sleksi olimpiade sains tingkat kota hari ini” ujar Kepala SMP raj Yamuna, I Made Jasa.

Perayaan saraswati di puput oleh Ida Pandita Sri Bhagawan Penyarikan Cista Dharma Jnah Dwija Loka dari griya sidakarya.

0 komentar:

Posting Komentar