Jumat, 18 April 2014

Praktik Tata Boga sebagai Aplikasi Pendidikan


Praktik Tata Boga sebagai Aplikasi Pendidikan



 Denpasar-

Sekolah Raj Yamuna kembangkan potensi siswa dalam bidang tata boga. Tatat boga sangat penting  diberikan dan diperlombakan guna mengasah kemampuan siswa dalam hal memasak makanan tradisional dan jajanan tradisional Bali yang kini cenderung mulai luntur dan dilupakan. Jajanan Bali sudah mulai jarang dipergunakan dalam upakara sebab cenderung lebih banyak masyarakat yang mulai mempergunakan jajanan yang bersifat instan dengan alasan lebih praktis dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuatnya. Tata boga ini sangat bagus untuk mengajarkan jenis-jenis jajanan tradisional Bali kepada siswa sejak dini agar tunas-tunas bangsa yang nantinya sebagai generasi penerus bisa membuat jajanan tradisional Bali.
Jajanan tradisional Bali sangat banyak mengandung simbol-simbol dan nilai-nilai di dalamnya karena jajanan tradisional khas Bali ada yang berbentuk lingkaran, segi empat dan segi tiga yang sama halnya dengan jejahitan umat Hindu di Bali ada yang bentuk lingkaran seperti tamas, bentuk segi empat seperti taledan dan segi tiga seperti ituk-ituk. Perlu dilakukannya tata boga dalam dunia pendidikan untuk memperkenalkan dan mengajarkan siswa jenis-jenis jajanan tradisional khas Bali.

Tata boga ini juga sebagai sebuah praktik dari semua resep masakan yang siswa pelajari di kelas sehingga langsung mereka aplikasikan dengan ajang lomba tata boga di kalangan sisiwa sehingga siswa bisa mwngwmbangkan daya kreatifitas dan imajinasinya sehingga tenjadi kesinambungan antara pendidikan di dalam kelas dan praktiknya dengan ajang lomba tata boga.



0 komentar:

Posting Komentar